;

Abstrak


Perbedaan Pengaruh Pembelajaran dengan Menggunakan Media Peraga Engine Cutting dan Media Konvensional Terhadap Hasil Belajar Motor Bakar Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa pada Jurusan TKR SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo


Oleh :
Toni Setiawan - S811308046 - Sekolah Pascasarjana

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Menemukan ada atau tidaknya perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran (media peraga engine cutting dan media konvensional) terhadap hasil belajar Motor Bakar pada siswa jurusan TKR SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. (2) Menemukan ada atau tidaknya perbedaan pengaruh motivasi belajar siswa (motivasi tinggi dan motivasi rendah) terhadap hasil belajar Motor Bakar pada siswa jurusan TKR SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. (3) Menemukan ada tidaknya interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Motor Bakar pada siswa jurusan TKR SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dan menggunakan desain faktorial 2x2. Subyek penelitian ini ialah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dipilih satu kelas dari jurusan TKR SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, yaitu kelas X TKR 4 (n=32), sedangkan kelas control dipilih satu kelas dari jurusan TKR SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, yaitu kelas X TKR 3 (n=32). Uji coba terhadap instrumen tes dan instrumen kuesioner dilakukan pada siswa kelas X TKR 1 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Analisis terhadap validitas dan reliabilitas instrumen tes menggunakan program ITEMAN Versi 3.00 dan analisis terhadap validitas dan reliabilitas instrumen kuesioner menggunakan program SPSS Versi 17.0. Uji terhadap hipotesis penelitian menggunakan program SPSS Versi 17.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran (media peraga engine cutting dan media konvensional) terhadap hasilĀ  belajar Motor Bakar pada siswa jurusan TKR SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Fobs > Ftabel yaitu 5,366 > 4,00 dan ditunjukkan pula oleh p-value 0,024 < 0,05. (2) Ada perbedaan pengaruh motivasi belajar siswa (motivasi tinggi dan motivasi rendah) terhadap hasil belajar Motor Bakar pada siswa jurusan TKR SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Fobs > Ftabel yaitu 39,114 > 4,00 dan ditunjukkan pula oleh p-value 0,000 < 0,05. (3) Ada interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Motor Bakar pada siswa jurusan TKR SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Fobs > Ftabel yaitu 4,876 > 4,00 dan ditunjukkan pula oleh p-value 0,031 < 0,05.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Engine Cutting, Hasil Belajar, Motor Bakar.