Abstrak


Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Belakang dengan Menggunakan Alat Bantu Matras Bertingkat Pada SIswa Kelas XII TP 1 SMK Murni 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015


Oleh :
Singgih Yoga Putranto - K4610084 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar senam lantai guling belakangdengan modifikasi alat bantu matras bertingkat pada siswa kelas XII TP 1 SMK Murni1 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakandua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII TP 1 SMK Murni 1Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 berjumlah 27 anak yang semuanya adalah siswa laki-laki. Sumber data terdiri dua yaitu (1) data primer yaitu, hasil belajar senam lantai guling belakang siswa kelas XII TP 1 SMK Murni 1 Surakarta tahunpelajaran 2014/2015, (2) data sekunder yaitu, berupa RPP, Silabus dan dokumen.

Teknik pengumpulan data melalui tes senam lantai guling belakang dan observasi dari proses kegiatan pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan menggunakan teknik prosentase untuk melihat peningkatan hasil belajar yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, hasil belajar senam lantai guling belakang pada siswa kelas XII TP 1 SMK Murni 1 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 pada kondisi awal sebelum dilakukan PTK, siswa yang tuntas belajar senam lantai guling belakang hanya 12 siswa atau 45%. Pada siklus 1 peningkatan hasil belajar senam lantai guling belakang menjadi 20 siswa atau 74%. Pada siklus 2 meningkat menjadi 25 siswa atau 93%. Modifikasi alat bantu memberi kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar senam lantai guling belakang. Pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II menimbulkan terjadinya proses pembelajaran yang aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga dapat mendukung terjadinya suatu pembelajaran yang berkualitas.
Simpulan penelitian ini adalah melalui modifikasi alat bantu matras bertingkat dapat meningkatkan hasil belajar senam lantai guling belakang pada siswa kelas XII TP 1 SMK Murni 1 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015.
Kata kunci: Hasil Belajar, Guling Belakang, Modifikasi Alat Bantu