Abstrak


Mengapa Mahasiswa Tetap Menggunakan Facebook? Penjelasan Dan Prediksi Partisipasi Keberlanjutan Melalui Sudut Pandang Theory Of Planned Behaviour (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sebelas Maret)


Oleh :
Maulana Hilman Azhari - F1211052 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa niat dan perilaku partisipasi keberlanjutan pada Facebook sebagai salah satu situs jejaring sosial, dilihat dari sisi sosial dan perilaku. Penelitian ini menggunakan Teori Perilaku Terencana yang di dukung dengan Nilai yang Dirasakan sebagai alat untuk menjelaskan niat dan perilaku partisipasi keberlanjutan pengguna Facebook.

Dengan menggunakan data survei dari 200 mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret, Teori Perilaku Terencana telah diuji menggunakan metode analisis regresi linier sederhana. Hasil menunjukkan bahwa attitude, subjectives norm, perceived behavioural control, dan perceived value memiliki hubungan yang signifikan terhadap niat partisipasi keberlanjutan.
Selanjutnya, hasil juga menunjukkan bahwa niat partisipasi keberlanjutan dan perceived value memiliki hubungan yang signifikan terhadap perilaku partisipasi keberlanjutan. Disamping itu, hal positif juga ditunjukkan pada hubungan perceived behavioural control terhadap perilaku partisipasi keberlanjutan.
 Selanjutnya, studi ini diharapkan mampu memberikan implikasi baik secara teoritis, praktis, metodologis dan implikasi bagi studi lanjutan. Melalui keenam aspek ini diharapkan dapat memberikan pemahaman terkait tanggung jawab ilmiah dalam upaya untuk mengembangkan teori-teori sesuai dengan bidang studi yang menjadi tanggung jawab peneliti. Selain itu, implikasi studi juga diharapkan dapat memberikan masukan kepada akademisi mengenai upayaupaya yang sebaiknya dilakukan terkait dengan permasalahan yang diteliti.

 Keyword: attitude, subjectives norm, perceived behavioural control, perceived
value, niat partisipasi keberlanjutan, perilaku partisipasi keberlanjutan.