Abstrak


Pengaruh Pemberian Penghargaan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan yang Dimoderasi Oleh Perbedaan Usia (Studi Pada Karyawan PT. Konimex)


Oleh :
Willy Rizki Cahya Pambudi - F1212074 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian penghargaan kerja terhadap kepuasan kerja yang dimoderasi oleh perbedaan usia. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan bagian non produksi yang bekerja di PT. Konimex. Penelitian ini mereplikasi pada penelitian Muhammed zia Ur Rehman et al (2010) yang meneliti tentang pengaruh penghargaan kerja terhadap kepuasan kerja yang dimoderasi perbedaan usia. Penelitian tersebut ditujukan untuk karyawan yang bekerja di perusahaan sektor publik di Pakistan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan desain survey, dan pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, yang disebar kepada karyawan PT. Konimex yang bekerja di bagian non produksi. Variabel Independen dalam penelitian ini adalah penghargaan kerja dan variabel dependen adalah kepuasan kerja. Perbedaan usia dalam penelitian ini menjadi variabel moderasi. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji interaksi.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penghargaan kerja mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Konimex dan perbedaan usia dapat menjadi variabel moderasi. Hasil ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan Muhammed zia Ur Rehman et al (2010), dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa penghargaan kerja berpengaruh terhadap
kepuasan kerja dan perbedaan usia dapat menjadi variabel moderasi.


Kata kunci: Penghargaan kerja, kepuasan kerja, perbedaan usia