Abstrak


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Transfer di Surakarta)


Oleh :
Wahyu Fitria Anggraeni - F1312117 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiswa akuntansi transfer di Surakarta dalam pemilihan karir sebagai akuntan publik. Faktor-faktor tersebut diukur dengan variabel independen penghargaan finansial atau gaji, pelatihan profesional, pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, lingkungan kerja, pertimbangan pasar kerja, dan personalitas.
Penelitian ini dilakukan dengan metode survei yang menggunakan kuesioner yang didistribusikan kepada responden sebanyak 177 mahasiswa jurusan akuntansi transfer di surakarta. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi dengan bantuan SPSS versi 16.
Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pelatihan profesional, pengakuan profesional, lingkungan kerja, pertimbangan pasar kerja, dan personalitas berpengaruh terhadap pemilihan karir sebagai akuntan publik oleh mahasiswa akuntansi transfer di Surakarta. Sementara itu faktor penghargaan financial atau gaji dan nilai-nilai sosial tidak berpengaruh terhadap pemilihan
karir sebagai akuntan publik oleh mahasiswa akuntansi transfer di Surakarta.
Kata kunci: Penghargaan finansial, pelatihan profesional, pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, lingkungan kerja, pertimbangan pasar kerja, personalitas, Pemilihan Karir, Akuntan publik