Abstrak


Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ekspor Minyak Mentah Indonesia 2003-2013


Oleh :
Adam Junio Hendrarto - F0110001 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Perdagangan memiliki faktor yang mempengaruhi yaitu permintaan dan penawaran, begitu juga perdagangan internasional. Perdagangan internasional timbul karena adanya permintaan dan penawaran yang melewati batas negara. Minyak bumi, atau Crude Petroleum Oil atau disebut juga emas hitam adalah cairan kental, berwarna coklat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. Minyak bumi atau minyak mentah tersebut dapat diolah menjadi berbagai sumber energi yang berasal dari minyak atau disebut BBM (Bahan Bakar Minyak). Selain dapat diolah menjadi BBM, minyak mentah juga dapat diolah
menjadi pelumas, aspalt, dan bisa menjadi gas cair atau LPG (Liquid Petroleum Gas).
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui perkembangan ekspor minyak mentah di Indonesia. (2)Untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga minyak mentah dunia terhadap nilai ekspor minyak mentah Indonesia. (3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat terhadap nilai ekspor minyak mentah Indonesia. (4) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh Indeks Harga Perdagangan Besar terhadap nilai ekspor minyak mentah. (5) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh inflasi terhadap nilai ekspor minyak mentah Indonesia. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan metode kuadrat terkecil atau method of Ordinary Least Square. Metode dalam penelitian ini meliputi Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan metode kuadrat terkecil. Penelitian ini menggunakan data sekunder.
Hasil penelitian ini yaitu: (a) Harga minyak dunia secara individu berpengaruh negatif secara signifikan terhadap Nilai ekspor minyak mentah. (b) Tingkat Kurs Dollar US secara individu berpengaruh negatif secara signifikan terhadap Nilai ekspor minyak mentah. (c) Indeks Harga Perdagangan secara individu tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai ekspor minyak mentah. (d) Inflasi secara individu tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai ekspor minyak mentah.
Berdasarkan penelitian, maka penulis menyarankan untuk meningkatkan ekspor minyak mentah indonesia indonesia maka pemerintah harus meningkatkan produksi minyak mentah agar menjaga stabilitas harga dan menjaga inflasi agar menekan biaya produksi. dikarenakan variabel kurs berpengaruh signifikan terhadap nilai ekspor minyak mentah, maka neraca perdagangan harus distabilkan dengan cara mengurangi impor dan meningkatkan ekspor agar nilai rupiah terhadap mata uang asing dapat bertahan dan stabil.

Kata kunci : Crude Petroleum Oil, Ordinary Least Square (OLS), Harga Minyak
dunia, Kurs