Abstrak


Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Manipulatif Melempar dan Menangkap Bola Melalui Media Visual Pada Siswa Kelas IV SDLB-B SLB Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014


Oleh :
Dedy Agung Nugroho - K4610028 - Fak. KIP

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif melempar dan menangkap bola melalui media visual pada siswa kelas IV SDLB-B SLB Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2013 / 2014.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDLB-B SLB Negeri Surakarta yang berjumlah 4 Siswa yang terdiri dari 2 siswa putra dan 2 siswa putri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti.
Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, angket, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan media visual dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif melempar dan menangkap bola dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar keterampilan gerak dasar manipulatif melempar dan menangkap bola pada Siklus I dari 4 siswa mencapai 75% atau sebanyak 3 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 100% atau semua siswa telah mencapai kreteria tuntas dengan KKM 75.
Simpulan penelitian ini adalah dengan penerapan media visual dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif melempar dan menangkap bola pada siswa kelas IV SDLB-B SLB Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014.


Kata Kunci: hasil belajar, gerak dasar manipulatif melempar dan menangkap
bola, media visual.