Abstrak


Industri Batik Di Desa Sidomukti Kabupaten Magetan Tahun 1960-2012


Oleh :
Eka Wahyu Hariyadi - C0509012 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui sejarah kemunculan dan perkembangan  tradisi membatik masyarakat Desa Sidomukti Kabupaten Magetan; (2) Untuk mengetahui perkembangan industri batik di Magetan dan pasang surutnya industri batik di Magetan pada periode 1960-2012; (3) Untuk mengetahui proses terciptanya motif Pring Sedapur sebagai motif batik modern dan identitas daerah Magetan.
Untuk menjawab pertanyaan di atas penulis menggunakan metode sejarah, karena objek kajiannya berkaitan dengan peristiwa-peristiwa di masa lampau. Data yang diperoleh diolah sesuai dengan metode sejarah dan kemudian di interpretasikan sesuai dengan konsep ilmu sejarah. Disamping itu digunakan teknik penelitian sejarah lisan, karena hasil penelitian ini sebagian besar merupakan hasil wawancara.
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Desa Sidomukti merupakan salah satu pusat perbatikan, di daerah tersebut industri batik tumbuh
menjadi industri kerajinan rakyat yang semakin pesat. Mayoritas masyarakat
perempuan di desa Sidomukti, bekerja sebagai pengrajin batik. Batik motif Pring
Sedapur merupakan motif batik yang paling terkenal di desa Sidomukti. Motif
batik Pring Sedapur terilhami dari kondisi Desa Sidomukti yang masih banyak
ditumbuhi pohon bambu, khususnya di Dusun Papringan.
Penelitian mengambil periode tahun 1960-2012, pada periode tahun ini perkembangan industri batik Pring Sedapur dibagi menjadi tiga. Pertama tahun 1960-1980, yaitu masa berkembanganya usaha membatik masyarakat di Sidomukti Kabupaten Magetan dan masa dimana industri batik sudah mulai dibangun untuk diper jual belikan. Kedua tahun 1980-1990, adalah masa industri batik di Desa Sidomukti Kabupaten Magetan mulai mengalami kemunduruan dan terhentinya industri batik karena permintaan pasar yang sedikit dan hilangnya pengusaha batik yang ada di daerah Plaosan dan Magetan, akibat gulung tikar dan tidak adanya regenerasi. Selain itu juga kondisi perekonomian nasional dan
kebijakan pemerintah yang tidak berpihak kepada usaha kecil dan menengah juga sangat mempengaruhi. Periode tahun 1990-2012, adalah upaya kembali menumbuhkan industri batik di Desa Sidomukti Kabupaten Magetan serta munculnya motif baru batik Pring  Sedapur sebagai ragam hias batik modern dan identitas batik di daerah Kabupaten Magetan.

Kata Kunci : Industri, Batik, Industri Batik