;

Abstrak


Penyusunan Skala Prioritas Rehabilitasi Kerusakan Sistem Penyediaan Air Minum Di Kabupaten Banjarnegara (Priority Scale Preparation Of Damage Rehabilitation Of Water Supply System In Kabupaten Banjarnegara)


Oleh :
Pralambang Galih Wicaksono - S941302004 - Sekolah Pascasarjana

Rasio antara jumlah penduduk dengan pasokan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)  Kabupaten Banjarnegara sudah tidak signifikan, oleh karena itu secara mandiri masyarakat berupaya memenuhi kebutuhan air bersih sebagai kebutuhan konsumsi minum. Melalui Program Penyediaan Air Minum dan
Sanitasi (Pamsimas)  tahun 2012 masyarakat Banjarnegara dengan pendampingan Dinas Pekerjaan Umum (DPU)  membangun sistem penyediaan air minum untuk itu tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kinerja Badan Penyelenggara Sistem Penyediaan Air Minum (BPSPAM) terhadap sistem penyediaan air minum (SPAM)  dan skala prioritas rehabilitasi pada kerusakan unit penyediaan air minum di Kabupaten Banjarnegara.
Metode penilaian kinerja BPSPAM yang digunakan adalah kriteria Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Tahun 2005. Kriteria dalam penelitian ini terbagi atas: 1)  bidang teknik, 2) bidang keuangan, dan 3)  bidang manajemen. Metode Analytical Hierarchy Process digunakan untuk menentukan skala prioritas rehabilitasi SPAM. Teknikpengumpulan data adalah metode kuesioner dengan responden stakeholders bidang penyediaan air di Kabupaten Banjarnegara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh BPSPAM di Kabupaten Banjarnegara termasuk kategori BPSPAM mampu berkembang, meraih untung, mampu mengelola pinjaman  PSPAM sendiri, mampu melakukan penggantian asset dan operasi efisien, meraih untung, yang ditunjukkan dengan nilai kinerja diatas 2,00. Berdasarkan hasil penelitian skala prioritas perbaikan SPAM Tirta Modal, didapatkan hasil untuk memprioritaskan perbaikan reservoir pada unit produksi, perbaikan penangkap mata air pada unit air baku, perbaikan reservoir pada unit distribusi, dan perbaikan jaringan perpipaan diprioritaskan pada unit
pelayanan.


Kata kunci: kinerja, skala prioritas rehabilitasi, BPSPAM, sistem penyediaan air
minum