Abstrak


PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN SUPERVISI AKADEMIK PADA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PROGRAM PENYIAPAN CALON KEPALA SEKOLAH


Oleh :
Heri Supriyana - T811008008 - Fak. KIP

Heri Supriyana: T811008008. 2010. Pengembangan Bahan PembelajaranSupervisi Akademik Pada Pendidikan Dan Pelatihan Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah. Disertasi. Program Doktor Ilmu Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing: Prof. Dr. Siswandari, M.Stats (Promotor), Prof. Dr. Sri Anitah W, M.Pd (Co Promotor 1) Dr. Sutarno, M.Pd (Co Promotor 2).

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah tersusunnya bahan pembelajaran supervisi akademik pada pendidikan dan pelatihan penyiapan calon kepala sekolah yang dapat meningkatkan kompetensi supervisi yang dimiliki peserta diklat calon kepala sekolah sehingga dapat menjalankan supervisi di sekolah dengan baik.

Pendekatan penelitian ini menggunakan Research & Development (R & D) dengan tahapan berikut (1) tahap Proses pengembangan model meliputi sejumlah kegiatan yaitupendahuluan, (2) tahap pengembangan, dan (3) tahap evaluasi. Waktu penelitian mulai bulan Juli 2011 berakhir bulan Oktober 2013  dilakukanPenelitian pendahuluan meliputi kajian kepustakaan dan pendahuluan. di Kab. Karanganyar, Kab Jeneponto Kab. Gunung Kidul, Kab. Bangka, Kota Blitar, Kab. Malinau, dan Kab. Magelang. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Subjek penelitian adalah peserta diklat calon kepala sekolah sebanyak 203 orang.

Hasil temuan pada penelitian pendahuluan bahwa penggunaan bahan pembelajaran yang belum dikembangkan menunjukkan indek rerata 2,15 dalam kategori kurang baik. Hasil rerata pre-test uji keefektifan pertama sebesar 28,632 dan post-test sebesar 38,526. Hal tersebut menunjukkan adanya kenaikan rerata prestasi peserta diklat sebesar 9,895 point. Hasil rerata pre-test uji keefektifan kedua sebesar 47,263 dan post-test sebesar 71,273. Hal tersebut menunjukkan adanya kenaikan rerata prestasi peserta diklat sebesar 23,636 point. Pada uji keefektifan ketiga diperoleh nilai uji t sebesar 10,416. Pada uji keefektifan keempat diperoleh uji t sebesar 12,323. Hal tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan akhir antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Peserta yang menggunakan bahan pembelajaran supervisi akademik yang telah dikembangkan memperoleh rerata nilai lebih tinggi dibanding peserta yang masih menggunakan bahan pembelajaran lama. Dengan demikian membuktikan bahwa penggunaan bahan pembelajaran yang telah dikembangkan dapat mendukung dimensi kompetensi supervisi yang dimiliki oleh calon kepala sekolah terutama dalam meningkatkan ketrampilan konseptual supervisi akademik peserta diklat calon kepala sekolah.

Kata Kunci : Pengembangan bahan pembelajaran supervisi akademik