;

Abstrak


UPAYA PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) HANDYCRAFT KAYU JATI DI DUSUN BANDAR DESA BATOKAN KECAMATAN KASIMAN KABUPATEN BOJONEGORO


Oleh :
Ana Dhaoud Daroin - S991208029 - Sekolah Pascasarjana

 

Ana Dhaoud Daroin. S991208029. Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Handycraft Kayu Jati Di Dusun Bandar Desa Batokan Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro. Tesis. Pembimbing 1: Prof. Dr. Soetarno J, M.Pd., Pembimbing 2 : Dr.Susilaningsih, M.Bus., Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2014.

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Upaya pengembangan UMKM handycraft kayu Jati di Dusun  Bandar Desa Batokan Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro dari aspek produksi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat; (2) Upaya pengembangan UMKM handycraft kayu Jati di Dusun  Bandar Desa Batokan Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro dari aspek pemasaran untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

 

            Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan analisis kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Tahap analisis data dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam upaya untuk mengembangankan UMKM handycraft kayu jati. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Upaya pengembangan dari aspek produksi adalah pemberian bantuan alat produksi oleh pemerintah dan melakukan inovasi produk; (2) Upaya pengembangan dari aspek pemasaran adalah pengadaan pameran, kegiatan studi banding, pengadaan kegiatan wood fair dan melakukan pemasaran melalui internet.  Berdasarkan hasil observasi dapat diketahui bahwa  rata-rata persentase kenaikan omzet pelaku UMKM terbesar terjadi pada tahun 2013 yaitu sebesar 4,01%, sedangkan rata-rata persentase kenaikan terendah terjadi pada tahun 2011 yaitu sebesar 0,81%, sehingga ditarik kesimpulan bahwa upaya pengembangan yang paling strategis telah diterapkan di tahun 2013. Pada tahun 2013 upaya pengembangan yang telah dilakukan adalah inovasi produk, pameran, wood fair dan pemasaran melalui internet.

 

 

Kata kunci: pendapatan masyarakat, inovasi produk, produksi, pemasaran