;

Abstrak


KORELASI ANTARA C-REACTIVE PROTEIN (CRP) DAN APOLIPOPROTEIN B PADA DIABETES MELITUS TIPE 2 DENGAN HIPERTENSI


Oleh :
Laily Shofiyah - S501108049 - Sekolah Pascasarjana

Laily Shofiyah. S501108049. 2015. Korelasi Antara C-Reactive Protein (CRP) Dan Apolipoprotein B Pada Diabetes Melitus Tipe 2 Dengan Hipertensi. TESIS. Pembimbing I: Prof. Bhisma Murti, dr. MPH, M.Sc, Ph.D, pembimbing II: Yuwono Hadi Suparto, dr., Sp.PK. Program Studi Magister Kedokteran Keluarga, Minat Utama Ilmu Biomedik, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

ABSTRAK

 

Latar belakang: DM tipe 2 dengan hipertensi merupakan penyakit inflamasi kronik dan sering disertai dislipidemia yang berisiko terjadi aterosklerosis. Apolipoprotein B merupakan marker dislipidemia aterogenik dan prediktor yang lebih baik untuk risiko kardiovaskuler dibanding LDL maupun kolesterol non-HDL. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara CRP dan apo B pada DM tipe 2 dengan hipertensi.

 

Metode: Penelitian ini merupakan kuantitatif non eksperimental dengan rancangan observational analytic melalui pendekatan cross sectional. Populasi penelitian sebanyak 44 pasien DM tipe 2 dengan hipertensi poliklinik penyakit dalam RS Dr.Moewardi pada bulan Maret 2015. Variabel penelitian yaitu CRP dan apo B. Pemeriksaan CRP dan apo B menggunakan metode imunoturbidimetri, Korelasi variabel dianalisis dengan korelasi Spearman. Nilai p bermakna bila < 0,05.

 

Hasil: Mean kadar pemeriksaan CRP yaitu 1,18 mg/dl, sedangkan apo B yaitu 110 mg/dl. Hasil analisis data didapatkan koefisien korelasi sebesar 0,75, p < 0,05.

 

Kesimpulan: Terdapat korelasi antara CRP dan apo B pada DM tipe 2 dengan hipertensi.