;

Abstrak


PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, KEPRIBADIAN WIRAUSAHA, DAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT SISWA SMK UNTUK BERWIRAUSAHA DI KABUPATEN KLATEN


Oleh :
Adi Kurniawan - S991208002 - Pascasarjana

Adi Kurniawan. 2015. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kepribadian Wirausaha, dan Lingkungan Terhadap Minat Siswa SMK Untuk Berwirausaha Di Kabupaten Klaten. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Siswandari, M.Stats, II: Dr. Hery Sawiji, M.Pd. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adakah pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat siswa SMK di Kabupaten Klaten untuk berwirausaha. (2) untuk mengetahui adakah pengaruh kepribadian wirausaha terhadap minat siswa SMK di Kabupaten Klaten untuk berwirausaha. (3) untuk mengetahui adakah pengaruh lingkungan terhadap minat siswa SMK di Kabupaten Klaten untuk berwirausaha. (4) untuk mengetahui adakah pengaruh pendidikan kewirausahaan, kepribadian wirausaha dan lingkungan secara bersama-sama terhadap minat siswa SMK di Kabupaten Klaten untuk berwirausaha.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket (questionnaire). Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMK di Kabupaten Klaten berjumlah 5.180 siswa. Sampel yang digunakan sejumlah 100 siswa dari total populasi.
Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha dengan thitung (2,487) > ttabel (1,988). (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan kepribadian wirausaha terhadap minat berwirausaha dengan thitung (3,184) > ttabel (1,988). (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan lingkungan terhadap minat berwirausaha dengan thitung (7,031) > ttabel (1,988). (4) terdapat penagaruh positif yang signifikan pendidikan kewirausahaan, kepribadian wirausaha dan lingkungan secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha dengan nilai signifikansi 0,00 atau < 0,05. Persamaan fungsi garis regresi untuk keempat variabel tersebut adalah ? = 0,878 + 0,222 X1 + 0,071 X2 + 0,269 X3