Abstrak


Pembuatan Game “Gatotkaca : Pertempuran Pringgodani” Berbasis Android Menggunakan Unity 3d


Oleh :
Edy Eksanto - M3111057 - Fak. MIPA

Cerita Pewayangan saat ini kurang dinikmati oleh masyarakat luas, hal ini dikarenakan masuknya budaya luar yang memiliki konten dan teknologi yang jauh lebih menarik. Salah satunya adalah perkembangan teknologi pada dunia game.
Dimana semakin banyak pula jenis aplikasi game yang dikembangkan salah satunya adalah game mobile. Penulis berinisiatif untuk membuat sebuah game mobile yang mengambil tokoh utama dari pewayangan. Sehingga diharapkan
dengan inovasi seperti ini maka dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap cerita pewayangan.
 Pembuatan game “Gatotkaca : Pertempuran Pringgondani” ini menggunakan game engine Unity 3D dengan bahasa pemrogaman C#. Game ini merupakan game 2D dengan genre side scroller game. Game ini terdiri dari 5
tingkat kesulitan. Pada tahap pembuatan game terdapat beberapa tahap seperti perancangan permainan, desain menu dan karakter. Terdapat tiga tahap pengujian yaitu fungsional game, pengujian device, dan pengujian ketertarikan user.
 Sehingga dihasilkan game mobile “Gatotkaca : Pertempuran Pringgondani” yang dapat dijalankan pada smartphone berbasis android dengan spesifikasi minimum RAM 512MB, CPU single core 1Ghz, dan resolusi 320 x 480 px. Game ini diperuntukkan kepada seluruh kalangan usia.