;

Abstrak


PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KOMPETENSI ASPEK PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN DI PENGRAJIN PANDE BESI KABUPATEN MADIUN


Oleh :
Sri Setijasih Lestari - S991208019 - Sekolah Pascasarjana

Sri Setijasih Lestari. S991208019. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Kompetensi Aspek Pengetahuan dan Keterampilan terhadap Kinerja Pemasaran di sentra industri pande besi kabupaten Madiun Tahun 2015, TESIS. Pembimbing 1: Prof. Dr. Siswandari, M.Stats., Pembimbing 2: Prof. Dr. Asri Laksmi Riani, M.S.  Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta 2015.

 

ABSTRAK

 

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. 2) Pengaruh kompetensi aspek pengetahuan dan keterampilan terhadap kinerja pemasaran. 3) Pengaruh  orientasi kewirausahaan dan kompetensi aspek pengetahuan dan keterampilan secara bersama-sama terhadap kinerja pemasaran pada pengrajin Pande Besi di Kabupaten Madiun.

            Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan pendekatan analisis kuantitatif dengan rumusan masalah asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh karena jumlah populasi relatif kecil yaitu kurang dari 30. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Pengolahan data dengan menggunakan SPSS 16 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi aspek pengetahuan dan keterampilan  kinerja pemasaran. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan orientasi kewirausahaan dan kompetensi aspek pengetahuan dan keterampilan secara bersama-sama terhadap kinerja pemasaran.  Artinya masing-masing variabel saling berpengaruh secara signifikan, maka disarankan kepada para pengrajin pande besi di kabupaten Madiun untuk meningkatkan  orientasi kewirausahaan dan meningkatkan kompetensi aspek pengetahuan dan keterampilan untuk dapat meningkatkan kinerja pemasaran pada usaha yang dijalankannya.