;

Abstrak


Perbedaan Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Peningkatan Minat dan Kemampuan Passing Bolavoli pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Jenis Kelamin (Studi Eksperimen Pendekatan Pembelajaran Bermain dan Drill pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Pac


Oleh :
Ridha Kurniasih Astuti - A121108031 - Sekolah Pascasarjana

RIDHA KURNIASIH ASTUTI. NIM: A121108031. Perbedaan Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Peningkatan Minat dan Kemampuan Passing Bolavoli pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Jenis Kelamin (Studi Eksperimen Pendekatan Pembelajaran Bermain dan Drill pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Pacitan). Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. Sugiyanto, Pembimbing II: Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd. Surakarta: Program Studi Ilmu Keolahragaan. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Tujuan penelitian untuk variabel dependen minat: a) Untuk mengetahui adakah perbedaan antara pendekatan pembelajaran bermain dengan pendekatan pembelajaran drill terhadap peningkatan minat bermain bolavoli pada siswa sekolah dasar, b) Untuk mengetahui adakah perbedaan peningkatan minat bermain bolavoli antara siswa laki-laki dan perempuan pada siswa sekolah dasar. c) untuk mengetahui adakan interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan jenis kelamin terhadap peningkatan minat bermain bolavoli pada siswa sekolah dasar. 2. Tujuan penelitian untuk variabel dependen kemampuan: a) untuk mengetahui adakah perbedaan pengaruh antara pendekatan pembelajaran bermain dan drill terhadap peningkatan kemampuan passing bolavoli pada siswa sekolah dasar. b) untuk mengetahui adakah perbedaan peningkatan kemampan passing bolavoli antara siswa laki-laki dan perempuan pada siswa sekolah dasar. c) untuk mengetahui adakah pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan jenis kelamin terhadap peningkatan kemampuan passing bolavoli pada siswa sekolah dasar.
Berdasarkan tujuan di atas, maka penelitian dilakukan dengan metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 4,5 dan 6 sekolah dasar pringkuku 1. Sampel yang diambil untuk penelitian sebanyak 40 siswa. Variabel penelitian melibatkan 4 (empat) variabel yaitu: variabel independen manipulatif (pendekatan pembelajaran bermain dan drill), independen atributif (jenis kelamin laki-laki dan perempuan), dan dependen (minat dan kemampuan siswa dalam bola voli). Teknik pengumpulan data dengan tes dan angket. Teknik analisi data dengan menggunakan ANAVA 2 x 2 dengan taraf signifikansi α = 0,05.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Variabel dependen minat: a) Ada perbedaan pengaruh antara pendekatan belajar bermain dengan pendekatan belajar drill terhadap peningkatan minat bermain bola voli pada siswa sekolah dasar. Pengaruh pendekatan pembelajaran menggunakan metode bermain lebih baik dari pada pendekatan pembelajaran menggunakan metode drill. b) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan minat passing bolavoli antara siswa dengan jenis kelamin laki-laki dengan siswa yang memiliki jenis kelamin perempuan. Peningkatan minat passing bolavoli pada siswa dengan jenis kelamin laki-laki lebih baik dari pada siswa dengan jenis kelamin perempuan pada siswa sekolah dasar. c) Ada pengaruh interaksi yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dan jenis kelamin terhadap minat passing bolavoli. 2) Variabel dependen kemampuan: a) Ada perbedaan pengaruh antara pendekatan belajar
bermain dengan pendekatan belajar drill terhadap peningkatan kemampuan bermain bola voli pada siswa sekolah dasar. Pengaruh pendekatan pembelajaran menggunakan metode drill lebih baik dari pada pendekatan pembelajaran menggunakan metode bermain. b) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan keterampilan passing bolavoli antara siswa dengan jenis kelamin laki-laki dengan siswa yang memiliki jenis kelamin perempuan. Peningkatan keterampilan passing bolavoli pada siswa yang memiliki jenis kelamin laki-laki lebih baik dari pada siswa yang memiliki jenis kelamin perempuan pada siswa sekolah dasar. c) Ada pengaruh interaksi yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dan jenis kelamin terhadap ketrampilan passing bolavoli.
Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Bermain dan Drill, Keterampilan Passing Bolavoli, Ditinjau Dari Jenis Kelamin.