Abstrak


Pengaruh Ukuran Perusahaan,Corporategovernance, Dan Kompensasi Bonus Terhadappraktik Manajemen Laba(Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2008-2012)


Oleh :
Allouisius Tanamera Narasetya - F0310004 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan,corporate governance, dan kompensasi bonus terhadap manajemen laba. Indikator untuk mengukurcorporate governanceadalah ukuran dewan direksi,tenuredireksi, kepemilikan manajerial, dan kualitas audit. Sedangkan manajemen laba diukur menggunakandiscretionary accrualmodel Dechow et al(1995).

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar diBursa Efek Indonesia pada 2008-2012. Sampel dipilih menggunakan tehnik purposive sampling sejumlah 20 perusahaan manufaktur per tahun. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisa regresi.Hasil penelitian menunjukkan  ukuran perusahaan dantenuredireksisecara signifikan berpengaruh terhadap manajemen laba, sedangkan kepemilikanmanajerial signifikan berpengaruh negatif terhadap manajemen laba. Hasil lainmencatatkan bahwa ukuran dewan direksi, kualitas audit, dan kompensasi bonustidak berpengaruh  terhadap manajemen laba.Kata Kunci:Manajemen laba,ukuran perusahaan,corporate governance,kompensasi bonus, perusahaan manufaktur.