Abstrak


Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Disertai Akun Jari Pada Siswa Kelas Xi Ips 5 Sma Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013


Oleh :
Desita Tugi Aryani - K7409034 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) disertai Akun Jari pada siswa kelas XI IPS 5 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. 

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus dengan materi yang berbeda. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 5 SMA Al Islam 1 Surakarta yang berjumlah 36 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Prestasi belajar kognitif diperoleh dari tes evaluasi tiap akhir siklus. Prestasi belajar afektif dan psikomotor diperoleh dari hasil observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) disertai Akun Jari dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi dari pra tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan prestasi belajar akuntansi yaitu kemampuan kognitif pada pra tindakan mencapai 44,44% menjadi 61,11% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 86,11%, kemampuan afektif pada pra tindakan mencapai 50,18% menjadi 63,89% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 87,04%, dan kemampuan psikomotor siswa pada pra tindakan mencapai 48,15% menjadi 68,52% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 85,80%.   Simpulan penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) disertai Akun Jari dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 5 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013.