Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Berjalan Di Udara Pada Siswa Kelas Xi Ips 4 Sma Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/ 2015


Oleh :
Angga Prastyo Wisnu Aji - K5610010 - Fak. KIP

Angga Prastyo Wisnu Aji. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT ( TGT ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA BERJALAN DI UDARA PADA SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2014.

            Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2014/ 2015 dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament ( TGT ).

            Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Karanganyar yang berjumlah 21 Siswa yang terdiri dari 8 putra dan 13 putri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan observer. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, observasi, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kuantitatif dengan kenaikan prosentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament ( TGT ) dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Kondisi awal sebelum dilakukan tindakan, siswa yang tuntas belajar lompat jauh gaya berjalan di udara sebanyak 3 siswa (14,28 %). Pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 13 siswa (61,90 %). Pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 17 siswa (80,95 %)  . Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) memberi kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara. Pembelajaran lompat jauh yang dikemas dalam bentuk kelompok yang dikompetisikan dan diberi rangking masing- masing kelompok agar membuat siswa lebih aktif, senang, kompetitif dan lebih bersemangat dalam menunjukkan kemampuannya.

            Simpulan penelitian ini adalah, penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament ( TGT ) dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2014/ 2015.

 

Kata Kunci: hasil belajar, lompat jauh gaya berjalan di udara, teams games tournament