Abstrak


Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Devidend Payout Ratio, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bei Periode 2009-2012)


Oleh :
Yoga Praditya - F1310095 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Perusahaan didirikan dengan tujuan untuk memperoleh laba dan meningkatkan nilai perusahaan. Beberapa karakteristik perusahaan menentukan nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, tingkat leverage, devidend payout ratio, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survei empiris yang menggunakan data sekunder dari Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian adalah seluruh perusahaan manufaktur yang go public di BEI. Sampel diambil sebanyak 35 perusahan manufaktur yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data-data yang dibutuhkan diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD tahun 2012 dan 2013. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi ganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Profitabilitas (return on equity) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada taraf signifikansi 5% dan H1 diterima; (2) Leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada taraf signifikansi 5% dan H2 ditolak; (3) Devidend payout ratio perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada taraf signifikansi 5% dan H3 diterima; (4) Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada taraf signifikansi 5% dan H4 diterima; dan (5) Pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada taraf signifikansi 5% dan H5 ditolak.

Kata kunci: profitabilitas, leverage, devidend payout ratio, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, dan nilai perusahaan