;

Abstrak


STUDI KARYA SENI PATUNG KONTEMPORER ANUSAPATI DENGAN PENDEKATAN KRITIK SENI HOLISTIK.


Oleh :
Yudhitira - S011302009 - Sekolah Pascasarjana

Yudhitira. S011302009. 2015: STUDI KARYA SENI PATUNG KONTEMPORER ANUSAPATI DENGAN PENDEKATAN KRITIK SENI HOLISTIK. Tesis Studi Seni Rupa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing I Dr. Narsen Afatara, MS. Dan Pembimbing II Dr. Titis Sri Muda Pitana, ST. M. Trop. Arch.
Tujuan dari penelitian ini mengungkap pola pikir Anusapati dan mengetahui pola kreasi dalam seni patung Kontemporer dalam karya patung Anusapati. Seni Kontemporer dikenal sebagai faham seni yang baru. Kemunculannya memberi gairah yang segar dalam dunia seni rupa. Kehadiran seni Kontemporer masih mengalami kesenjangan antara penghayat dan seniman dalam penyampaian makna. Sebuah kritik dapat menjadi pelantara dalam menjembatani kesenjangan yang terjadi antara seniman dan penghayat.
Metode kritik seni holistik mempunyai substansi histori latar belakang sebagai pengungkap berbagai pengaruh proses kreatif Anusapati. Kemudian Karya seni sebagai faktor objektif yang memberi informasi visual. Penghayat atau apresiator sebagai factor Afektif yang memberi gambaran sejauh mana karya Anusapati dipahami. Setelah ketiga substansi tersebut didapat, maka dapat ditafsirkan dalam bentuk sebuah sintesa.
Hasil dari penelitian ini terlihat latar belakang lingkungan pada masa kecil dan pendidikan seni yang dijalani mempunyai peran penting dalam karya-karya yang dibuat Anusapati. Pengalaman Anusapati pada masa kecil memberi memori yang memepengaruhi kecintatannya pada material kayu. Gaya Anusapati dalam berkarya dipengaruhi dari peristiwa-peristiwa dan seniman-seniman yang ditemui saat masa studi seni rupa. Penilaian Penghayat terhadap karya Anusapati selalu berbeda yang dipengaruhi tingkat pengetahuan yang dimiliki. Penghayatan yang berbeda menimbulkan multi persepsi yang dibatasi pengetahuan.
Kata kunci: kritik seni holistik, patung kayu, kontemporer.