;

Abstrak


PENGEMBANGAN PROGRAM VCD PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR MENGGIRING BOLA SEPAKBOLA BERBASIS PLAY UNTUK MURID SEKOLAH DASAR


Oleh :
Arif Dwi Prastyanto - A121308053 - Sekolah Pascasarjana

Arif Dwi Prastyanto. A121308053.2015. Pengembangan Program VCD Pembelajaran Teknik Dasar Menggiring Bola Sepakbola Berbasis Play untuk Murid Sekolah Dasar (Studi pada Murid Sekolah Dasar Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri). Tesis, Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sugiyanto (2) Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd.

Latar belakang penelitian adalah penguasaan teknik dasar menggiring bola sepakbola siswa sekolah dasar yang belum baik dan belum adanya model program vcd pembelajaran menggiring bola sepakbola secara khusus yang diberikan untuk siswa sekolah dasar di Kecamatan Manyaran. Tujuan penelitian ini adalah melaksanakan dan mengetahui hasil analisis kebutuhan dan mengembangkan produk awal, melaksanakan dan mengetahui uji ahli dan uji lapangan, dan melaksanakan uji efektifitas produk untuk mengetahui hasil uji keefektifan program vcd pembelajaran teknik dasar menggiring bola sepakbola berbasis play pada siswa sekolah dasar di Kecamatan Manyaran.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “metode penelitian pengembangan, (Research and Development)” yang dikemukakan oleh Borg dan Gall, peneliti mengadaptasi prosedur penelitian menjadi tiga tahap yaitu: tahap 1 pendahuluan, tahap 2 uji coba produk, dan tahap 3 uji efektifitas produk.

Hasil yang pertama pendahuluan adalah analisis kebutuhan dengan menggunakan metode wawancara dan observasi, pembelajaran teknik menggiring bola sepakbola yang kurang bervariasi dan masih rendahnya tingkat penguasaan teknik menggiring pada siswa sekolah dasar di kecamatan manyaran. Pembelajaran menggiring sudah diberikan namun masih banyak siswa belum bias melakukan teknik menggiring dengan baik, selain itu kurangnya motivasi siswa ketika pembelajaran menggiring bola sepakbola karena kurangnya variasi model pembelajaran menggiring bola yang menyenangkan. Pengembangan produk penyajiannya yaitu bab I latihan pendahuluan, bab II Latihan Inti (teknik dasar menggiring bola sepakbola, variasi teknik dasar menggiring bola sepakbola), bab III Penutup dan program latihan. Tahap kedua adalah uji coba produk. Ujicoba yang pertama adalah uji coba ahli dengan menggunakan tiga ahli sepakbola dengan 50 butir pertanyaan dan 1 ahli media vcd dengan 15 butir pertanyaan dengan hasil 83,15% dan dapat di interpretasikan bahwa rancangan produk bias diuji cobakan pada tahap selanjutnya. Uji coba kelompok kecil dengan jumlah subjek 10 menggunakan instrument angket dengan jumlah pertanyaan 15. Hasil uji kelompok kecil adalah 81,3%, uji coba kelompok besar dengan 20 subjek dengan hasil 86,07%. Tahap ketiga adalah uji efektivitas produk dengan membandingkan dua kelompok, satu kelompok diberi perlakuan produk pengembangan dan kelompok lain diberi perlakuan secara konvensional dengan menggunakan pre test dan post test desain. Nilai beda untuk masing-masing kelompok berdasarkan tes adalah: jumlah nilai beda tes kelompok eksperimen adalah 57,49 Kelompok control 14,78.