Abstrak


Event Sepakbola Sebagai Daya Tarik Wisata Olahraga di Kota Solo


Oleh :
Risky Yuniarko - C9411043 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

Peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disajikan secara deskritif kualitatif.
Hasil Penelitian menunjukkan Sepakbola mempunyai potensi wisata Olahraga yang banyak diminati oleh wisatawan yang berkunjung. Banyak wisatawan yang datang ke Stadion Manahan untuk menonton pertandingan sepakbola dan dapat dijadikan sebagai tempat wisata yang sangat digemari oleh masyarkat sekitar. Dengan menonton sepakbola sebagai tujuannya dan melihat, merasakan atmosfir stadion serta melihat atraksi supporter. Strategi pengembangan dapat membuat paket wisata olahraga dengan Persis Solo dan Stadion Manahan sebagai tujuannya.
Kesimpulan Sepakbola salah satu pasar target yang menjadi salah satu altenatif wisata olahraga di Kota Solo. Dengan demikian Sepakbola dapat menjadi daya tarik wisata dan menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung ke Kota Solo dan dapat meningkatkan pendapatan bagi penduduk setempat. Selain menikmati pertandingan Sepakbola dapat Juga merasakan atmosfir di dalam stadion dan melihat atraksi supporter seperti Coreo, Chant, Corteo. Sepakbola juga bisa dijadikan sebagai wisata keluarga dengan mengajak ke stadion untuk menonton sepakbola yang tergolong sangat murah. sepakbola bisa di jadikan City Breanding media promosi untuk memajukan di suatu kota agar dapat menarik wisatawan untuk berkunjung dan dapat meningkatkan pendapatan penduduk.