;

Abstrak


Pembelajaran kimia menggunakan model process-oriented guided inquiry learning (pogil) dan problem-based learning (pbl) ditinjau dari kemampuan memori dan kreativitas pada materi hidrokarbon kelas x sma negeri kebakkramat tahun pelajaran 2013/ 2014


Oleh :
Diah Megasari Tyasning - S831302018 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran POGIL dan PBL, kemampuan memori dan kreativitas dan interaksinya terhadap hasil belajar pada materi Hidrokarbon.
Penelitian dilakukan pada Januari hingga Juni 2014 menggunakan metode quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2012/2014 yang terdiri dari 8 kelas. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X-7 (POGIL) dan X-8 (PBL). Teknik pengumpulan data untuk aspek pengetahuan, kemampuan memori dan kreativitas menggunakan teknik tes, aspek sikap menggunakan angket dan observasi sedangkan aspek keterampilan menggunakan teknik observasi. Teknik analisis data untuk uji hipotesis dilakukan dengan tes nonparametrik kruskall-wallis.
Dari hasil olah data disimpulkan: 1) ada perbedaan prestasi belajar aspek pengetahuan siswa yang menggunakan model pembelajaran POGIL dan PBL, namun tidak ada perbedaan untuk prestasi belajar pada aspek sikap dan keterampilan, 2) terdapat perbedaan prestasi belajar aspek pengetahuan dan keterampilan pada siswa dengan kemampuan memori tinggi dan rendah, namun tidak terdapat perbedaan prestasi pada aspek sikap, 3) terdapat perbedaan prestasi belajar pada aspek pengetahuan dan sikap pada siswa dengan kreativitas tinggi dan rendah, namun tidak terdapat perbedaan prestasi pada aspek keterampilan, 4) ada interaksi antara pembelajaran POGIL dan PBL dengan kemampuan memori terhadap prestasi belajar pada aspek pengetahuan dan keterampilan, namun tidak ada interaksi antara pembelajaran POGIL dan PBL dengan kemampuan memori terhadap prestasi belajar pada aspek sikap, 5) tidak ada interaksi antara pembelajaran POGIL dan PBL dengan kreativitas terhadap prestasi belajar pada aspek sikap, namun terdapat interaksi pada aspek pengetahuan dan keterampilan, 6) terdapat interaksi antara kemampuan memori dan kreativitas terhadap prestasi belajar siswa pada aspek pengetahuan, sikap maupun keterampilan, 7) terdapat interaksi antara pembelajaran POGIL dan PBL, kemampuan memori dan kreativitas terhadap prestasi belajar siswa pada aspek pengetahuan dan keterampilan, namun tidak terdapat interaksi pada aspek sikap.
Kata Kunci: POGIL, PBL, kemampuan memori, kreativitas, hidrokarbon