Abstrak


Dinamika Biro Perjalanan Wisata Vienna Utama Tour and Travel Tahun 1996 – 2013


Oleh :
Gusti Ramadhan Hidayat - C9411020 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui latar belakang berdirinya CV.Vienna Utama Tour and Travel, untuk mengetahui perkembangan yang ada di CV.Vienna Utama Tour and Travel dari periode 1996 – 2013, serta untuk mengetahui eksistensi dalam pelayanan di CV.Vienna Utama Tour and Travel.
Penulisan laporan ini menggunakan metode penelitian diskriptif kualitatif dengan pengumpulan data secara observasi langsung, wawancara, studi dokumen, dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif serta disajikan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa latar belakang berdirinya CV.Vienna Utama Tour and Travel berawal dari hobi travelling direktur perusahaan kemudian dikembangkan menjadi sebuah usaha dan perkembangan yang terjadi di CV.Vienna Utama Tour and Travel selalu menunjukkan grafik yang naik dan turun seiring permasalahan yang dihadapi perusahaan dari periode 1996 – 2013.
Langkah – langkah untuk menjaga eksistensi pelayanan yang ada di CV.Vienna Tour and Travel mengacu pada 5 dimensi yang meliputi : wujud (tangible), keandalan (reliability), daya tangkap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (empathy). Kelima dimensi tersebut yang menjadi acuan untuk tetap menjaga ekstensi pelayanan yang ada di biro perjalanan wisata CV. Vienna Tour and Travel.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah perkembangan yang terjadi di CV. Vienna Tour and Travel tidak terlepas dari masalah yang dihadapi perusahaan, serta pelayanan yang diberikan kepada konsumen selalu di utamakan dalam CV.Vienna Tour and Travel. Hal tersebut yang membuat CV. Vienna Tour and Travel bisa bertahan dalam kurun waktu 18 tahun dan menjadi salah satu biro perjalanan wisata yang terbaik di daerah Karanganyar, Surakarta.