Abstrak


Hubungan Antara Nilai Hematokrit Dengan Manifestasi Klinis Pasien Demam Berdarah Dengue (Dbd) Di Rsud Dr. Moewardi


Oleh :
I Nyoman Surya Ari Wahyudi - G0011111 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Demam Dengue (DD) dan Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan virus Dengue dan termasuk dalam kelompok B Arthropod Borne virus. Vektor utama dari virus Dengue adalah nyamuk Aedes aegypti. Manifestasi klinis dalam penelitian ini disesuaikan dengan derajat klinis DBD. Dua kriteria klinis DBD; demam 2 hingga 7 hari dan manifestasi perdarahan ditambah trombositopenia dan hemokonsentrasi atau adanya peningkatan hematokrit sudah cukup untuk menegakkan diagnosis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara perubahan nilai hematokrit dengan manifestasi klinis yang timbul pada pasien DBD, sehingga dari hal tersebut diharapkan dapat menunjang diagnosis, prognosis dan terapi sebab perubahan pada hematokrit memperlihatkan terjadinya kebocoran plasma yang timbul pada pasien.

 

 

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik secara retrospektif dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan pada September hingga Oktober 2014 di Bagian Rekam Medik RSUD Dr. Moewardi. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability, yaitu purposive sampling. Seleksi dilakukan dengan memeriksa kriteria inklusi dan eksklusi sampel penelitian. Besar sampel pada penelitian ini sebanyak 124 pasien. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan korelasi Spearman.

 

Hasil Penelitian: Hasil uji korelasi Spearman didapatkan hubungan yang bermakna antara nilai hematokrit pasien DBD dewasa dengan manifestasi klinis sesuai derajat klinis (p = 0,014) namun hubungan antarvariabel adalah lemah          (r = 0,221) dengan arah korelasi positif. Semakin tinggi nilai hematokrit menunjukkan derajat DBD yang lebih parah.     

 

Simpulan Penelitian: Terdapat perbedaan nilai hematokrit pasien DBD dewasa dengan manifestasi klinis sesuai derajat yang secara statistik signifikan. Peningkatan nilai hematokrit perlu diperhatikan dalam mendeteksi adanya kebocoran plasma pada pasien DBD di RSUD Dr. Moewardi.

Kata Kunci: Demam Berdarah Dengue, Hematokrit, Manifestasi Klinis, Derajat Klinis