Abstrak


Hubungan antara pengetahuan ibu menyusui dengan ketepatan waktu pemberian asi eksklusif di puskesmas Matesih


Oleh :
Wiwik Wahyuni - R.1113089 - Fak. Kedokteran

Latar belakang: Cakupan ASI eksklusif di Jawa Tengah sebesar 57,67%,  sedangkan di Karanganyar sendiri sebesar 10,3%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan ibu menyusui dengan ketepatan waktu pemberian ASI eksklusif.
Metode penelitian: Observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan sebanyak 56 responden, teknik sampling dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Analisis data menggunakan uji statistik lambda.
Hasil penelitian:Responden dengan usia 20-35 tahun (83.93%), responden dengan pendidikan SMA (58.93.%), responden dengan status bekerja (73.79%), responden dengan pengetahuan cukup (60.72%), responden dengan tepat waktu memberikan ASI eksklusif (83.93%) Hasil uji statistik lambda p=0.038, dan r= 0.444.
Simpulan:Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu menyusui dengan ketepatan waktu pemberian ASI eksklusif di Puskesmas Matesih, dan mempunyai tingkat korelasi yang sedang.

Kata kunci: Pengetahuan Ibu, Ketepatan Waktu Pemberian ASI Eksklusif