Abstrak


Hubungan antara tingkat pengetahuan remaja tentang keputihan dengan motivasi memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan di smk muhammadiyah 3 Giriwoyo Wonogiri


Oleh :
Restaria Anggara Sari - R.1113064 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Wanita Indonesia yang mengalami keputihan berjumlah 75%. Ketidaktahuan atas gejala yang timbul menjadi salah satu masalah yang dialami wanita maupun remaja.

Tujuan : Mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan remaja tentang keputihan dengan motivasi memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan di SMK Muhammadiyah 3 Giriwoyo.

Metode : observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah sampel 64 siswi. Instrumentasi penelitian menggunakan kuisioner. Uji statistik Kendal-tau.

Hasil : Sebagian besar siswi mempunyai pengetahuan sedang tentang keputihan yaitu 26 siswi (40,6 %) dan motivasi sedang untuk memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan yaitu 28 siswi (44 %). Hasil analisis kendal-tau yaitu nilai significancy (p) sebesar 0,000 (p < 0,05) dengan nilai korelasi lambda (r) sebesar 0,597.

Kesimpulan: Terdapat hubungan bermakna antara pengetahuan tentang keputihan dengan motivasi memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan di SMK Muhammadiyah 3 Giriwoyo dan arah korelasi positif dengan kekuatan korelasi sedang.


Kata kunci :Tingkat pengetahuan, Keputihan, Motivasi