Abstrak


Pengujian small engine test bed


Oleh :
Muh. Subhan Mursid - I8611025 - Fak. Teknik

Small engine test bed merupakan suatu mesin elektromekanik yang digunakan untuk mengukur torsi dari daya yang diproduksi oleh suatu mesin kendaraan dan juga konsumsi bahan bakarnya. Small engine test bed pada laporan tugas akhir ini termasuk dalam jenis normal dynamometer, yaitu mesin yang di uji pada alat dynamometer sebagai penggerak yang dibebani oleh generator listrik. Laporan tugas akhir ini akan melaporkan secara detail tentang proses pengujian small engine test bed.
Latar belakang dari pengujian alat small engine test bed untuk mengetahui apakah alat tersebut sudah memenuhi kriteria alat uji dynamometer. Pembuatan Small engine test bed juga untuk menunjang kegiatan praktikum motor bakar sebagai alat uji performance mesin dengan daya dibawah 10 kW.
Hasil dari tugas akhir ini adalah dari data perhitungan untuk mesin VIAR Super-X diperoleh konsumsi bahan bakar minimum adalah 0,0000758 Kg/sec pada kecepatan gigi 4 dengan putaran motor 1800 rpm, torsi maksimum sebesar 23,544 N.m. dan daya generator maksimum yang terjadi pada kecepatan gigi 4 dengan voltase 200 volt dan beban 2600 watt yaitu sebesar 3326,76 watt.
Kata Kunci : Small engine test bed, normal dynamometer, dynamometer, performance.