Abstrak


Media lagu dan gambar sebagai peningkatan prestasi siswa dalam pelajaran bahasa mandarin di sd tripusaka Surakarta


Oleh :
Charina Putri Prasasti - C9608013 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

Laporan tugas akhir ini kami lakukan karena adanya masalah yang ditemukan pada proses belajar mengajar bahasa Mandarin di SD Tripusaka Surakarta. Siswa yang baru belajar bahasa Mandarin sering lupa dan kurang cepat memahami materi yang telah diajarkan. Akibatnya prestasi mereka dalam pelajaran bahasa Mandarin menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, diperlukan metode mengajar, yaitu melalui pemanfaatan media lagu, gambar. Melalui media ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi siswa yang kurang maksimal menjadi lebih maksimal.
Adapun dalam penulisan tugas akhir ini penulis menggunakan teknik metode penelitian observasi, wawancara, dan studi pustaka. Dengan melakukan metode tersebut penyusunan tugas akhir penulis cepat selesai menjadi suatu laporan yang akurat.
Kendala masalah yang di alami oleh penulis dalam proses belajar adalah daya siswa yang masih kurang cepat dalam menerima, memahami, dan melafalkan kata demi kata. Dengan waktu yang singkat tersebut, pengulangan sangat diperlukan untuk setiap sesi pertemuan guru selalu meluangkan waktu sedikit untuk mengulang pelajaran yang lalu dengan tanya jawab.
Hasil laporan tugas akhir ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media lagu, gambar sangat efektif digunakan sebagai metode belajar bahasa Mandarin. Ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar siswa melalui latihan, tugas rumah, dan ulangan yang sangat memuaskan. Di samping dapat meningkatkan prestasi belajar metode ini juga membantu siswa dalam melihat, mendengar, dan mengucapkan bahasa Mandarin sehingga siswa lebih cepat menerima materi yang diberikan.
Simpulan laporan tugas akhir ini menunjukkan bahwa kegiatan belajar mengajar menggunakan metode lagu, gambar sangat efektif dilakukan untuk meningkatkan prestasi siswa dalam belajar bahasa Mandarin.