Abstrak


Pengembangan potensi objek & daya tarik wisata keraton Yogyakarta hadiningrat


Oleh :
Nad P 2014 - C9411036 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

Tujuan dari penulisan adalah untuk mengetahui apa saja potensi yang ada di dalam objek wisata Keraton Yogyakarta Hadiningrat, usaha-usaha pengembangan potensi objek dan daya tarik wisata, serta kendala-kendala yang dihadapi dalam usaha pengembangan objek dan daya tarik wisata Keraton Yogyakarta Hadiningrat.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan serta apa saja potensi objek dan daya tarik wisata Keraton Yogyakarta Hadiningrat sebagai salah satu tempat tujuan wisata di kota Yogyakarta.
Dalam penulisan LaporanTugas Akhir ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dian alisi dan disajikan secara deskritif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keraton Yogyakarta Hadiningrat mempunyai potensi wisata sejarah dan budaya yang cukup lengkap dan banyak diminati oleh wisatawan yang berkunjung. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Keraton Yogyakarta Hadiningrat karena dapat dijadikan sebagai tempat belajar dan wisata wanjuga dapat lebih mengetahui sejarah dan budaya yang ada di dalam Keraton Yogyakarta Hadiningrat. Dan itu semua menjadikan objek wisata Keraton Yogyakarta Hadiningrat menjadi salah satu objek wisata yang paling diminati di Kota Yogyakarta.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat banyak potensi objek dan daya tarik wisata yang ada di dalam Kawasan Keraton Yogyakarta Hadiningrat. Dan untuk menunjang semua potensi dan daya tarik wisata tersebut sudah dilakukan beberapa usaha-usaha pengembangan oleh pihak pengelola. Dalam usaha-usaha pengembangan yang dilakukan oleh pihak pengelola hanya ditemukan sedikit kendala dan selalu dapat diatasi. Dengan demikian Keraton Yogyakarta Hadiningrat dapat member daya tarik dan minat wisatawan untuk dating berkunjung ke Kota Yogyakarta dan bias meningkatkan pendapatan bagi penduduk setempat.