Abstrak


Perpustakaan rekso pustoko mangkunegaran sebagai daya tarik wisata edukasi di Surakarta


Oleh :
Fandra Heri Puryanto - C9411017 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

Permasalahan yang dibahas dalam Tugas Akhir ini adalah potensi apa saja yang dimiliki Perpustakaan Rekso Pustoko Mangkunegaran sebagai wisata edukasi di Surakarta danbagaimana strategi pengelola dalam menjadikan Perpustakaan Rekso Pustoko Mangkunegaran sebagai daya tarik wisata edukasi beserta kendala dan solusinya.
Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah Untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran yang jelas mengenai potensi Perpustakaan Rekso Pustoko Mangkunegaran sebagai wisata edukasi di Surakarta dan untuk mengetahui strategi pengelola dalam menjadikan Perpustakaan Rekso Pustoko Mangkunegaran sebagai daya tarik wisata edukasi beserta kendala yang dihadapi dan solusinya.
Penulisan Tugas Akhir ini disajikan secara diskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan Perpustakaan Rekso Pustoko Mangkunegaran.Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi dokumen dan kajian pustaka.Data yang diperoleh kemudian dianalisisis secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan, Perpustakaan Rekso Pustoko Mangkunegaran memiliki daya tarik dan potensi wisata yang bersifat edukasi. Strategi pengembangan yang dilakukan oleh pihak pengelola untuk menarik pengunjung meliputi, penambahan buku koleksi, pengolahan barang koleksi dan perawatan terhadap buku dan naskah kuno.Untuk strategi pemasaran yang dilakukan oleh pihak pengelola dalam mempublikasikan atau mempromosikan informasi tentang keberadaan Perpustakaan Rekso Pustoko Mangkunegaran, antara lain : promosi dengan mengikuti pameran-pameran budaya, pameran perpustakaan, kongres bahasa Jawa, seminar dengan tema perpustakaan dan menjadi pemakalah (pembicara) atau sumber sejarah utama dalam setiap undangan seminar.
Kesimpulan yang dapat diambil bahwasanya Perpustakaan Rekso Pustoko Mangkunegaran layak dan patut dikembangkan menjadi objek wisata edukasi di Surakarta.
Kata Kunci :perpustakaan rekso pustoko mangkunegaran, wisata edukasi.