Abstrak


Hubungan perilaku cuci tangan yang benar dengan kejadian diare pada balita di lingkungan II Kelurahan Sangkrah Surakarta


Oleh :
Nova Dwi Astuti - R0109024 - Fak. Kedokteran

Diare merupakan penyebab terbanyak kematian pada balita di Indonesia. Perilaku cuci tangan yang benar merupakan cara efektif sebagai upaya kesehatan preventif, terutama untuk mencegah penyakit diare. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan perilaku cuci tangan yang benar dengan kejadian diare pada balita di Lingkungan II Kelurahan Sangkrah Surakarta.

Metode penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki anak balita di wilayah lingkungan II Kelurahan Sangkrah Surakarta yang berjumlah 100 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok ibu dengan perilaku cuci tangan yang benar (47 orang): 18 balita mengalami diare (38%) dan 29 balita tidak diare (62%). Pada kelompok ibu dengan perilaku cuci tangan yang tidak benar (53 orang): 36 balita mengalami diare (68%) dan 17 balita tidak diare (32%).

Kesimpulan penelitian ini ada hubungan antara perilaku cuci tangan yang benar dengan kejadian diare pada balita di Lingkungan II Kelurahan Sangkrah Surakarta.

Diarrhea is the most cause of death for toddler in Indonesia. The right hadwashing behavior is effective method as preventive health effort, especially to prevent diarrhea disease. The purpose of this research is to analyze the correlation between of the right handwashing behavior with the incidence of diarrhea in toddler at Lingkungan II of Kelurahan Sangkrah Surakarta.

The method of this research was observational analytic with cross sectional design. Population object were mothers that have toddlers lived in Lingkungan II of Kelurahan Sangkrah Surakarta and the amout were 100 people. Sample technique used in this research was sampling total.

The result of this research revealed that the group of mother with right handwashing behavior (47 people): 18 toddlers had diarrhea (38%) and 29 toddlers hadn’t diarrhea. At the group of mother with the not right handwashing behavior (53 people): 36 toddlers had diarrhea (68%) and 17 toddlers hadn’t diarrhea (32%).

The conclution of this research, there was a correlation between of the right handwashing behavior with the incidence of diarrhea in toddler at Lingkungan II of Kelurahan Sangkrah Surakarta