Abstrak


Persepsi konsumen terhadap kualitas pelayanan pada PT. Calmic Cabang Solo


Oleh :
Singgih Suharyono - F3210074 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kinerja pelayanan pada PT. Calmic Cabang Solo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode teknik analisis data deskriptif yaitu membuat deskripsi mengenai tanggapan konsumen terhadap kinerja pelayanan PT. Calmic Cab. Solo dengan membagikan kuesioner kepada pelanggan PT. Calmic Cab. Solo sebanyak 50 responden. Variabel kualitas pelayanan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi : Bukti Fisik (Tangibles), Ketanggapan (Responsiveness), Keandalan (Reliability), Jaminan (Assurance), Perhatian (Empathy).

            Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk dimensi bukti Fisik (Tangibles) : mayoritas responden puas, tetapi ada sebagian kecil responden  merasa kurang. Untuk dimensi Ketanggapan (Responsiveness) : mayoritas responden  puas, tetapi ada sebagian kecil responden merasa kurang puas. Untuk dimensi Keandalan (Reliability) : mayoritas responden puas, tetapi ada sebagian kecil responden merasa kurang puas. (Assurance) : mayoritas responden sangat puas. Untuk dimensi Perhatian (Empathy) : mayoritas responden sangat puas.

            Saran yang dapat diberikan dalam rangka meningkatkan PT. Calmic Cabang Solo anatara lain memberikan penyuluhan-penyuluhan kepada karyawan agar dapat memperbaiki kinerjanya lagi, selalu berusaha konsisten dalam memberikan pelayanan kepada konsumen dan selalu menjaga hubungan baik dengan para pelanggan