;

Abstrak


PENGARUH KARAKTERISTIK KEPALA DAERAH TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAERAH (Studi Empiris Pada Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota di Jawa Timur Tahun 2011 s.d. 2012)


Oleh :
Misdi - S4311033 - Sekolah Pascasarjana

PENGARUH KARAKTERISTIK KEPALA DAERAH TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAERAH

(Studi Empiris Pada Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota di Jawa Timur Tahun 2011 s.d. 2012)

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh karakteristik Kepala daerah yang diwakili oleh pendidikan, umur, masa kerja/pengalaman kerja dan pekerjaan sebelum menjabat terhadap kinerja keuangan daerah (dengan proksi pertumbuhan pendapatan asli daerah) pada pemerintah Kabupaten/Kota di provinsi Jawa Timur tahun 2011 – 2012. Peneliti menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh 38 Kabupaten/Kota yang memenuhi kriteria dalam penelitian ini. Total pengamatan sejumlah 38 data. Pengujian dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pendidikan, umur, masa kerja/pengalaman kerja dan pekerjaan sebelum menjabat secara simultan berpengaruh signifikan  terhadap kinerja Keuangan Daerah, sedangkan pekerjaan sebelum menjabat tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan daerah.

 

Kata Kunci :  Karakteristik, Kepala Daerah, Pendidikan, Umur, Masa Kerja/Pengalaman Kerja dan Pekerjaan Sebelum Menjabat, Kinerja Keuangan Daerah