;

Abstrak


Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA


Oleh :
Nurfidianty Annafi - S831308065 - Pascasarjana

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil tiap tahapan pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi Termokimia, (2) kelayakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran termokimia, (3) efektivitas LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran termokimia ditinjau dari hasil belajar peserta didik.
Penelitian dan pengembangan lembar kegiatan peserta didik berbasis inkuiri terbimbing menggunakan prosedur R&D Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 9 tahapan yaitu: (1) penelitian awal dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisihasil uji coba I, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi hasil uji coba II, (8) uji coba lapangan operasional, (9) penyempurnaan produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Surakarta,SMA Negeri 1 Cawas dan SMA Negeri 1 Girimarto tahun ajaran 2014/2015. Data diambil dengan teknik wawancara, kuisioner, teknik observasi, dan teknik tes.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan: (1) hasil tiap tahapan pengembangan produk melalui prosedur penelitian pengembangan dari Borg & Gall adalah tersusunnya produk akhir LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi Termokimia yang telah direvisi berdasarkan saran dan masukan dari validator serta telah diujicobakan kepada guru dan peserta didik pada tahap uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, dan uji coba lapangan operasional. (2) LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi termokimia yang telah dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa,dan ahli pembelajaran dengan rata-rata perolehan nilai VAikenlebih dari 0,80, penilaian dari guru dengan persentase penilaian 87,04%, dan penilaian dari peserta didik dengan persentase penilaian 84,07% yang menunjukkan katagori “Sangat Baik”, (3) LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi termokimia efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rata-rata nilai hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi termokimia yang dikembangkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik yang tidak belajar menggunakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing.
Kata kunci: LKPD, Inkuiri Terbimbing, Termokimia, Kelayakan LKPD, Efektivitas LKPD.