;

Abstrak


Proses Integrasi Sikap Sosial dan Spiritual dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Purwodadi


Oleh :
Endah Asmarawati - S851308018 - Sekolah Pascasarjana

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) cara guru menyusun kegiatan pembelajaran dengan mengintegrasikan sikap sosial dan spiritual pada pembelajaran matematika materi himpunan siswa kelas VII SMP Negeri di kecamatan Purwodadi, (2) proses integrasi sikap sosial dan spiritual pada pembelajaran matematika materi himpunan siswa kelas VII SMP Negeri di kecamatan Purwodadi, (3) cara guru menilai sikap sosial dan spiritual pada pembelajaran matematika materi himpunan pada siswa kelas VII SMP Negeri di kecamatan Purwodadi.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru matematika kelas VII SMP Negeri di kecamatan Purwodadi. Kriteria pemilihan subjek didasarkan pada guru yang sudah mengikuti diklat dan pelatihan kurikulum 2013 dan saran dari kepala sekolah. Sumber data berasal dari informan (guru dan siswa), dokumentasi dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan menggunakan konsep dari Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat dinyatakan sebagai berikut. (1) Penyusunan kegiatan pembelajaran yang mengintegrasian sikap spiritual dilakukan dengan cara menganalisis KI-1 dengan langkah: memilih KD yang sesuai dan menentukan sikap spiritual apa yang akan dikembangkan, membuat indikator sikap spiritual, mengembangkan materi pembelajaran, membuat instrumen untuk mengukur sikap spiritual. Sedangkan penyusunan kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan sikap sosial dilakukan dengan menganalisis KI-2 dengan langkah: memilih KD yang tepat untuk menentukan sikap sosial yang akan dikembangkan, membuat indikator sikap sosial, mengembangkan materi pembelajaran, membuat instrumen untuk mengukur sikap sosial (2) Proses integrasi sikap spiritual yang dilakukan oleh guru di awal pembelajaran dan di kegiatan inti dengan cara memberikan motivasi atau dorongan, arahan, dan larangan atau peringatan kepada siswa melalui contoh-contoh himpunan ciptaan Tuhan yang ada di dalam kehidupan mereka sehari-hari. Sikap spiritual yang dikembangkan oleh guru adalah bersyukur dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Proses integrasi sikap sosial dilakukan oleh guru di kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup dengan cara guru memberikan pemodelan, penugasan, dan arahan melalui contoh-contoh fenomena yang ada dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan materi himpunan. Sikap sosial yang dikembangkan guru adalah sikap disiplin, gotong-royong, peduli, tanggungjawab dan toleransi. (3) Cara penilaian sikap spiritual dilakukan guru dengan tiga cara yaitu observasi, jurnal dan penilaian diri. Cara penilaian sikap sosial dilakukan guru dengan tiga cara yaitu observasi, jurnal dan penilaian antar teman.
Kata kunci : proses integrasi sikap, sikap sosial, sikap spiritual, cara penilaian sikap