Abstrak


Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X4 SMA N 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014


Oleh :
Rina Martina Puspitasari - K2310084 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan kognitif siswa SMAN 3 Sukoharjo kelas X4 tahun ajaran 2013/2014 pada sub materi Alat Optik.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin dan model Kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali tahap persiapan kemudian dilanjutkan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X4 SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014 sebanyak 36 siswa dengan penelitian dikhususkan pada sub materi Alat Optik. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara dengan guru dan siswa, ulangan harian, angket dan kajian dokumen.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Aktivitas belajar siswa kelas X4 SMAN 3 Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014 pada sub materi Alat Optik dapat ditingkatkan melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media permainan monopoli. (2) Kemampuan kognitif siswa kelas X4 SMAN 3 Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014 pada sub materi Alat Optik dapat ditingkatkan melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media permainan monopoli.
Kata kunci : permainan monopoli, kooperatif STAD, aktivitas belajar, kognitif