Abstrak


Administrasi Rekrutmen Karyawan Di Human Resources Department Kusuma Sahid Prince Hotel


Oleh :
Dwika Kartika Sari - D1510025 - Fak. ISIP

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang penting dalam suatu organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu sumber daya manusia harus dikelola dengan baik untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi.Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi dalam pencapaian tujuan suatu organisasi atau perusahaan, langkah awal yang harus dilaksanakan yaitu dengan rekrutmen karyawan. Pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan administrasi rekrutmen karyawan dan (2) hambatan atau kendala dalam pelasanaan rekrutmen karyawan di Kusuma Sahid Prince Hotel.
Metode pengamatan dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil pengamatan diperoleh kesimpulan yaitu administrasi rekrutmen karyawan antara lain : administrasi rekrutmen karyawan yang mulai dari masuknya surat lamaran, pengisian formulir sampai dengan mengikuti wawancara hingga test dan medical check up. Proses rekrutmen, hal-hal yang menjadi pertimbangan. Faktor penghambat atau kendala yang dialami dalam rekrutmen karyawan pada Kusuma Sahid Prince Hotel diantaranya pelamar yang tidak sesuai dengan kriteria, kualitas diri pelamar dan asal pelamar.
Dari hasil pengamatan, maka penulis dapat memberikan saran yaitu Kusuma Sahid Prince Hotel harus melakukan pengembangan rekrutmen karyawan untuk di informasikan pada media cetak agar pelamar bisa mengetahui karyawan yang sedang dibutuhkan.