;

Abstrak


KONTRIBUSI PEMBERIAN KREDIT, KEMAMPUAN MANAJERIAL DAN DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN USAHA KECIL DAN MENENGAH DI KOTA MADIUN


Oleh :
Aditya Pratama - S991302002 - Sekolah Pascasarjana

Aditya Pratama. NIM: S991302002. Kontribusi Pemberian Kredit, Kemampuan Manajerial dan Diferensiasi Produk terhadap Tingkat Pendapatan UKM di Kota Madiun”. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd. Pembimbing II: Dr. H. Djoko Santoso, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2015

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kontribusi pemberian kredit terhadap tingkat pendapatan UKM di Kota Madiun. 2) Kontribusi kemampuan manajerial terhadap tingkat pendapatan UKM di Kota Madiun. 3) Kontribusi diferensiasi produk terhadap tingkat pendapatan UKM di Kota Madiun. 4) Kontribusi pemberian kredit, kemampuan manajerial dan diferensiasi produk secara bersama-sama terhadap tingkat pendapatan UKM di Kota Madiun.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh UKM pada tiga kecamatan di Kota Madiun yang berjumlah 113 UKM, sedangkan sampel penelitian ini diambil sebanyak 90 UKM. Sampel tersebut diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.

Berdasarkan uji hipotesis dibuktikan bahwa: 1) Terdapat kontribusi positif dan signifikan pemberian kredit terhadap tingkat pendapatan UKM di Kota Madiun sebesar 11,516%. 2) Terdapat kontribusi positif dan signifikan kemampuan manajerial terhadap tingkat pendapatan UKM di Kota Madiun sebesar 11,428%. 3) Terdapat kontribusi positif dan signifikan diferensiasi produk terhadap tingkat pendapatan UKM di Kota Madiun sebesar 17,056%. 4) Terdapat kontribusi pemberian kredit, kemampuan manajerial dan diferensiasi produk secara bersama-sama terhadap tingkat pendapatan UKM di Kota Madiun sebesar 40%. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa pemberian kredit, kemampuan manajerial dan diferensiasi produk berkontribusi terhadap tingkat pendapatan UKM di Kota Madiun.

 

Kata Kunci:  Pemberian Kredit, Kemampuan Manajerial, Diferensiasi Produk dan

                     Tingkat Pendapatan UKM