Abstrak


Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tutorial Menggunakan Software Macromedia Flash pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur untuk Pembelajaran Kimia Kelas X Mia SMA (Penelitian dan Pengembangan di SMA Negeri 5 Surakarta dan SMA Batik 1 Surakarta)


Oleh :
Erna Yustin Meitantiwi - K3310032 - Fak. KIP

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas produk multimedia pembelajaran tutorial menggunakan software macromedia flash pada materi sifat keperiodikan unsur untuk pembelajaran kimia kelas X MIA SMA 
Penelitian ini mengacu pada metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) berdasarkan model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Prosedur penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) Penelitian dan pengumpulan informasi, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan draft produk, (4) Uji coba lapangan awal, (5) Revisi hasil uji coba, (6) Uji coba lapangan, (7) Penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa metode wawancara, observasi, angket dan tes. Data-data yang diperoleh berasal dari 2 dosen ahli, 2 guru, serta responden yang berasal dari peserta didik SMA N 5 Surakarta dan SMA Batik 1 Surakarta. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran tutorial yang dikembangkan melalui metode penelitian dan pengembangan secara umum memiliki kelayakan yang baik berdasarkan penilaian tim ahli 80,63% dan peserta didik 91,86% serta memiliki efektivitas yang baik untuk pembelajaran kimia dengan adanya perbedaan hasil tes yang lebih baik pada kelas perlakuan dibandingkan dengan kelas tanpa perlakuan. 
Kata Kunci : penelitian dan pengembangan, multimedia pembelajaran, tutorial, macromedia flash, sifat keperiodikan unsur