Abstrak


Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Manfaat Kapsul Vitamin A Dosis Tinggi dengan Kejadian Infeksi Saluran Pernapasan Akut pada Balita


Oleh :
Ida Bagus Ananta Wijaya - G0011113 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan salah satu penyakit yang sering dijumpai pada Balita, yang dapat menyebabkan masalah morbiditas hingga mortalitas (kematian). Beberapa faktor risiko terkait ISPA antara lain kurangnya pemberian ASI eksklusif, gizi buruk, pengetahuan ibu, polusi udara dalam ruangan, dan defisiensi vitamin A. Penyebab dari belum terpenuhinya pemberian kapsul vitamin A kepada Balita antara lain kurangnya pengetahuan ibu tentang manfaat pemberian kapsul vitamin A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pengetahuan ibu tentang manfaat kapsul vitamin A dosis tinggi dengan angka kejadian ISPA pada Balita.
Metode Penelitian: Penelitian bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Subjek penelitian adalah ibu-ibu Balita di Puskesmas Sibela Surakarta. Pada Oktober dan November 2014 dengan kriteria inklusi dan eksklusi diambil sampel sebanyak 30 orang. Semua variabel diukur dengan kuesioner. Data dianalisis secara statistik dengan teknik Spearman’s rank.
Hasil Penelitian: Subjek memiliki pengetahuan yang kurang tentang manfaat kapsul vitamin A dosis tinggi (60%) dan Balitanya mengalami kejadian ISPA (90%). Analisis korelasi menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan ibu tentang manfaat kapsul vitamin A dosis tinggi dengan kejadian ISPA pada Balita (r = 0.408; p = 0.025).
Simpulan Penelitian: Semakin rendah pengetahuan ibu tentang manfaat kapsul vitamin A dosis tinggi maka semakin tinggi kemungkinan Balitanya mengalami ISPA.
Kata Kunci: Pengetahuan Ibu, Manfaat Kapsul Vitamin A Dosis Tinggi, ISPA,
Balita