;

Abstrak


Anteseden Kepuasan Kerja Tenaga Medis di Rumah Sakit (Studi pada Tenaga Medis di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah area DIY)


Oleh :
Ahmad Nur Diansyah - S4112002 - Sekolah Pascasarjana

Permasalahan yang sering ditemui oleh rumah sakit dalam perkembangannya adalah masalah antara sumber daya manusia dengan organisasi yang akan berdampak pada kualitas layanan. Salah satunya adalah kepuasan karyawan dalam bekerja yang dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Keadilan Prosedural, Pelatihan Kerja, Semangat Tim, Kejelasan Kerja, dan Stres Kerja terhadap Kepuasan Kerja. 
Populasi dalam penelitian ini yaitu tenaga medis di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah area DIY. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini diambil dengan metode multistage dengan melakukan purposive sampling kemudian melakukan random sampling. Dengan teknik pengambilan sampel yang telah ditentukan diperoleh 164 responden yang memenuhi kriteria untuk diambil sebagai sampel. Penelitian ini dilakukan dengan cara pembagian kuesioner kepada para responden. Sebelum melakukan uji hipotesis dengan analisis regresi linier, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji reabilitas, dan uji asumsi klasik untuk analisis pendahuluan. 
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa keadilan prosedural berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Selanjutnya diketahui bahwa pelatihan kerja berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa semangat tim berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Terlihat pula kejelasan kerja berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Di sisi lain stres kerja berpengaruh negatif terhadap kepuasan kerja dari hasil penelitian ini. Sehingga hal ini mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan kepuasan kerja perlu diperhatikan tentang keadilan prosedural, pelatihan kerja, semangat tim, kejelasan kerja, dan stres kerja. 
Kata Kunci : Keadilan Prosedural, Pelatihan Kerja, Semangat Tim, Kejelasan Kerja, Stres Kerja, Tenaga Medis, Rumah Sakit.