;

Abstrak


Hubungan Stadium Risser Sign Dengan Umur Kronologis, Besar Sudut dan Indeks Fleksibilitas Pasien Adolescenta Idiopathic Scoliosis di RS ORTHOPAEDI PROF. DR. R. SOEHARSO SURAKARTA


Oleh :
Helmi Baedlowi - S500109023 - Sekolah Pascasarjana

Latar Belakang : Saat ini kita masih menggunakan literatur orang Eropa untuk menilai stadium Risser’s sign berdasarkan umur kronologis pasien adolescent idiopathic scoliosis. Belum diketahui bahwa standar tersebut sesuai untuk orang Indonesia yang hidup di daerah tropis. Begitu juga belum ada penelitian tentang hubungan stadium risser sign dengan besar sudut dan indeks fleksibilitas pasien adolescent idiopathic scoliosis orang indonesia

 

Metode : Studi observasional analitik dengan menggunakan rancangan retrospektif. menilai hubungan stadium risser sign dengan umur kronologis, besar sudut dan indeks fleksibilitas pasien adolescent idiophatic scoliosis di Rumah Sakit Orthopaedi Surakarta mulai 1 Januari 2014 sampai 31 Desember 2014.

Hasil Penelitian : Dari 104 pasien yang memenuhi kriteria inklusi, didapatkan jumlah perempuan sebanyak 97 pasien dan laki-laki sebanyak 7 pasien dengan perbandingan 13:1. Rata-rata umur kronologis pasien laki-laki 15,44 tahun dan perempuan 14,33 tahun. Dengan menggunakan uji regresi didapatkan bahwa stadium risser sign berhubungan secara signifikan dengan umur kronologis dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05)  dan koefisien regresi 0,673. Tidak didapatkan hubungan yang signifikan antara stadium risser sign dengan Cobb Angle (besar sudut), dengan nilai signifikansi 0,188 (> 0,05)  dan koefisien regresi 1,985. Stadium risser sign berhubungan negatif dengan indeks fleksibilitas dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05)  dan koefisien regresi -0,062.

Kesimpulan : Terdapat hubungan positif stadium risser sign dengan umur kronologis dan hubungan negatif stadium risser sign dengan indeks fleksibilitas. Tidak didapatkan hubungan stadium risser sign dengan besar sudut pasien AIS di RSO surakarta.

 

Kata kunci : Stadium Risser Sign, Umur Kronologis, Besar Sudut, Indeks Fleksibilitas, Adolescent Idiopathic Scoliosis