Abstrak


Analisis manfaat biaya peningkatan jalan di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta


Oleh :
Eny Puspitasari - F1112015 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Validitas terhadap efisiensi dan efektifitas proyek peningkatan jalan sangat jarang dievaluasi setelah peningkatan jalan telah selesai, khususnya pada jalan yang sejak awal diperkirakan memiliki potensi terhadap pembangunan perekonomian daerah sekitar seperti jalan di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kelayakan proyek peningkatan jalan di Desa Bleberan secara ekonomis, (2) mengetahui perubahan pendapatan masyarakat sekitar dari segi pendapatan.
Penelitian ini menggunakan jenis data primer dan data sekunder. Metode pengambilan sampel menggunakan metode Slovin. Data dianalis menggunakan metode analisis Manfaat-Biaya untuk mengetahui kelayakan proyek peningkatan jalan. Untuk mengetahui perubahan perekonomian dari segi pendapatan digunakan Uji Beda Dua Rata-rata (Mean) dengan Uji T Paired Test.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) secara ekonomis proyek peningkatan jalan di Desa Bleberan layak untuk dilaksanakan, (2) terjadi kenaikan perubahan pendapatan dari sektor pertanian, perdagangan, penginapan, pariwisata, dan jasa pengangkutan, berdasarkan pengujian analisis uji beda dua rata-rata (mean), sektor pertanian dan penginapan tidak menunjukan hasil yang signifikan.
Saran yang diberikan adalah pemerintah lebih banyak memberikan proyek infrastruktur di daerah yang memiliki manfaat besar bagi masyarakat dan pemerintah, selain itu disarankan kepada petani untuk memiliki usaha lain sebagai pedagang , karena dapat meningkatkan perekonomian petani itu sendiri.
Kata Kunci : Infrastruktur, Proyek, Jalan, Manfaat, Biaya.