;

Abstrak


Pengelolaan pembelajaran ips berbasis penanaman nilai kepahlawanan pada siswa kelas v sd negeri 1 Getasrejo Grobogan


Oleh :
Sri Djuwiningsih - S811308036 - Sekolah Pascasarjana

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan (1) Pengelolaan pembelajaran IPS berbasis penanaman nilai kepahlawanan pada siswa kelas V, (2)Penyusunan RPP pembelajaran IPS berbasis penanaman nilai kepahlawanan padasiswa kelas V, (3) Pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis penanaman nilai kepahlawanan pada siswa kelas V, (4) Evaluasipembelajaran IPS berbasis penanaman nilai kepahlawanan pada siswa kelas V di SD Negeri 1 Getasrejo Grobogan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SD Negeri 1 Getasrejo Grobogan. Nara sumber dalam penelitian ini adalah kepalasekolah, dan guru di SD Negeri 1 Getasrejo Grobogan.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengelolaan pembelajaran IPS berbasis penanaman nilai kepahlawanan berhubungan dengan pengelolaan kelas. Tata ruang kelas dalam proses belajar mengajar di sesuaikan dengan metode yang digunakan oleh guru. Siswa yang memiliki tinggi badan yang lebih tinggi akan berada di urutan belakang. Namun ada pergeseran tempat duduk setiap satu minggu sekali. Kegiatan tersebut merupakan salah satu penanaman nilai kepahlawanan yaitu nilai mandiri. (2) Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) IPS berbasis penanaman nilai kepahlawanan dilakukan sesuai dengan KTSP yang digunakan. RPP dijabarkan dari silabus dengan menekankan pada sikap dan moral kepahlawanan. Dalam menyusun RPP, guru memperhatikan lingkungan misalnyadengan mengajak siswa ke tempat-tempat bersejarah seperti museum. (3) Pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis penanaman nilai kepahlawanan belumberjalan lancar. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dalam tiga bentuk yaitu kegiatan belajar mengajar, kegiatan pembiasaan seperti penanaman kedisiplinan pada siswa serta kegiatan yang diselenggarakan sekolah seperti pramuka, dan juga kegiatan upacara. (4) Evaluasi pembelajaran IPS berbasis penanaman nilai kepahlawanan dilakukan dalam dua bentuk yaitu tes tertulis dan tes tidak tertulis. Untuk tes tidak tertulis dilakukan dengan mengamati perubahan perilaku siswa setelah menerima materi pelajaran. Untuk tes tertulis dilakukan pada awal pembelajaran, pada saat pembelajaran sedang berlangsung dan diakhir pembelajaran. Penilaian dilakukan secara menyeluruh yang meliputi 3 aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Kata Kunci: pengelolaan pembelajaran IPS, penanaman nilai kepahlawanan,