Abstrak


Analisis dan Desain Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Pembelian di Central Steak and Coffe Boyolali


Oleh :
Denyantri Pradipta Ningtyas - F1312029 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan merancang sistem informasi akuntansi sistem penjualan dan permbelian yang berjalan serta mengidentifikasi kebutuhan dari perusahaan, sehingga dapat memperbaiki kelemahan dalam sistem yang ada di Central Steak and Coffe yaitu sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang kuliner.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi yaitu pengamatan serta memperlajari dokumen yang digunakan dan wawancara kepada pihak perusahaan,. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis bagan arus (flowchart) yang menggambarkan system informasi akuntansi penjualan dan pembelian tunai dan metode analisis PIECES yang digunakanan sebagai dasar untuk melakukan analisis permasalahan dalam sistem yang berjalan, sehingga dapat  mengidentifikasi kebutuhan informasi sehingga menghasilkan system yang baru yang lebih baik.
Hasil penelitian yang ingin dicapai adalah mengetauhi kelemahan system yang berjalan dan menghasilkan suatu desain rancangan sistem informasi dengan menambahkan sistem terkomputerisasi. Hasil dari penelitian ini adalah kelemahan sistem yang berjalan dapat diperbaiki dengan mengunakan rancangan sistem yang baru dan menambahkannya dengan sistem terkomputerisasi, sehingga dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan dengan cepat dan lebih baik karena dengan adanya sistem yang baru dapat menghasilkan laporan yang lebih akurat dan lebih cepat.
Keywords:     Analisis sistem penjualan dan pembelian, desain sistem, sistem informasi akuntansi  
ABSTRACT
The purpose of this study is to analyzed and design sales and purchase accounting system, identified the company needs, and fixing current system blind spot in Central Steak and Coffee, a culinary business.
Methodology used in this study are observation which include direct observation, document studying, and an interview, flowchart analysis are used to portray the sales and purchase accounting system used in the company, with PIECES analysis used as a base in looking for current system blind spot and information needs by the current system  to make a new better system.
The result to be achieved from this study is to find out the current system blind spot, and design a better sales and purchase accounting system with added computerized system to help the company. This study finds that the current sales and purchase accounting system blind spots can be fixed by implementing a new system design and computerized the system, so the company can make a faster and better decision because the system can make a faster and more accurate report
Keywords: Analysis of cash sales and purchase, design system, system information accounting