Abstrak


Perbedaan Pengaruh Latihan Meroda Antara Menggunakan Alat Bantu Garis Lurus dan Alat Bantu Matras Bertingkat Pada Siswa Kelas XI SMK Murni 2 Surakarta Tahun 2014


Oleh :
Nakhnu Puji Leksana - K4610063 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Ada tidaknya perbedaan hasil antara latihan meroda menggunakan alat bantu garis lurus dan alat bantu matras bertingkat dapat pada siswa kelas XI SMK Murni 2 Surakarta tahun 2014. (2) Hasil yang lebih baik antara latihan meroda menggunakan alat bantu garis lurus dan alat bantu matras bertingkat pada siswa kelas XI SMK Murni 2 Surakarta tahun 2014.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Subyek penelitian ini siswa kelas XI SMK Murni 2 Surakarta tahun 2014 berjumlah 40 orang, dengan penelitian subyek maka seluruh subyek dalam penelitian ini digunakan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengukuran kemampuan meroda. Teknik anaslisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok 1 mengalami peningkatan setelah mendapatkan perlakuan. Demikian halnya pada kelompok 2 juga mengalami peningkatan akibat dari perlakuan yang diberikan. Jika dibandingkan antara kelompok 1 dan kelompok 2 menunjukkan bahwa, kelompok 2 mengalami peningkatan kemampuan meroda yang lebih besar dibandingkan dengan kelompok 1.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara latihan meroda dengan alat bantu garis lurus dan matras bertingkat terhadap kemampuan meroda pada siswa kelas XI SMK Murni 2 Surakarta tahun 2014, dengan nilai perhitungan thitung sebesar 2.53 dan ttabel sebesar 2.093 pada taraf signifikasi 5%. (2) Latihan meroda dengan alat bantu matras bertingkat lebih baik pengaruhnya dari pada latihan meroda dengan alat bantu garis lurus terhadap kemampuan meroda pada siswa kelas XI SMK Murni 2 Surakarta tahun 2014. Kelompok 1 (kelompok latihan meroda dengan alat bantu garis lurus) memiliki peningkatan kemampuan meroda sebesar 12.06%. Sedangkan kelompok 2 (kelompok latihan meroda dengan alat bantu matras bertingkat) memiliki peningkatan sebesar 14.79%.
Kata kunci : Latihan, Alat bantu garias lurus, Alat bantu matras bertingkat