Abstrak


Perancangan Event Kuliner Sebagai Brand Activation Kecap Bawang Ngawi di Kota Solo


Oleh :
Dian Bagus Hartomo - C0709031 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

Dian Bagus Hartomo, 2014. Pengantar Tugas Akhir ini berjudul Perancangan Event Kuliner sebagai Brand Activation Kecap Bawang Ngawi di Kota Solo. Strategi Promosi merupakan salah satu aspek yang penting dalam manajemen pemasaran dan sering dikatakan sebagai proses berlanjut. Ini disebabkan karena promosi dapat menimbulkan rangkaian kegiatan selanjutnya di perusahaan. Salah satu strategi promosi yang sedang ramai digunakan adalah Brand Activation.
Brand activation dapat didefinisikan sebagai bagian dari proses pemasaran dari sebuah brand dengan tujuan untuk mendekatkan brand terhadap konsumen dengan menciptakan brand experience.

Kota Surakarta memang terkenal akan wisata budayanya, mulai dari wisata daerah hingga wisata kuliner yang terkenal hingga mancanegara. Banyak masakan tradisional  khas kota Solo yang kurang diminati masyarakat, khususnya masakan yang berbahan dasar kecap. Dari permasalahan diatas maka kesempatan besar bagi Kecap Bawang untuk mengadakan brand activation kuliner kota Solo untuk melestarikan masakan tradisional kota solo dan membuka pasar Kecap Bawang ke pasar yang lebih luas. 

Pada perancangannya, Werkudara digunakan sebagai ikon dalam perancangan brand activation. Dengan target audience berupa ibu-ibu rumah tangga dan keluarga, secara tidak langsung perancangan kegiatannya harus dibuat sesuai karakteristik usia mereka dengan mengusung tema yang fun dan menarik. Kemudian dirancanglah bentuk visual yang kreatif yang nantinya akan membangkitkan gairah target audience untuk berpartisipasi dalam kegiatan brand activation dalam rangka melestarikan masakan  yang ada di Kota Surakarta.