Abstrak


Implementasi Perlindungan Satwa Langka Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati Dan Ekosistemnya (Studi Di Seksi Konservasi Wilayah I Surakarta Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah)


Oleh :
Arief Budiman - E0008113 - Fak. Hukum

Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan hukum ini yaitu penelitian hukum empiris dan bersifat deskriptif. Pendekatan penelitian yang  digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam  penelitian ini nmenggunakan sumber data primer, sumber data sekunder dan sumber data tersier. Sedangkan, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan studi kepustakaan.

 
Balai Konservasi Sumber Daya Alam sebagai lembaga yang mempunyai peranan penting yang strategis dalam upaya penyelamatan dan perlindungan Satwa langka berdasarkan Undang Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati Dan Ekosistemnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimulan bahwa Strategi dan manajemen SKW I Surakarta BKSDA bersifat wait to see artinya melakukan monitoring perkembangan masyarakat. Dalam mengantisipasi perdagangan satwa dilindungi SKW I Surakarta BKSDA telah menggunakan kemajuan tekhnologi informasi yakni melalui media internet. SKW I Surakarta dama menjalankan tugas pokok dan fungsinya dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor sumber daya manusia, faktor kesadaran masyarakat, dan faktot dibidang pemanfaatan dan pengelolaan. 


Dalam proses penataan dan pengawasan perlindungan satwa langka,  SKWI BKSDA Surakarta telah mengadakan inventarisasi data sesuai tupoksi. Obyek kinerja SKW I BKSDA Surakarta difokuskan kepada penggemar, penangkar sebagai Data Base dan hewan langka razia /sitaan sebagai titipan untukpengembangan penangkaran di Lembaga Animal Park se eks Karisidenan Surakarta 

Kata kunci : Konservasi, Satwa langka, Seksi Konservasi Wilayah I Balai
Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah